Profil Desa


 

 

       Asal mula terbentuknya Desa Bandar Agung adalah adanya warga masyarakat baru yang datang dari daerah lain terutama dari Pulau Jawa masuk ke desa Sribhawono dan Desa Sadar Sriwijaya dengan membuka lahan pertanian sekaligus sebagai tempat tinggal.

       Pada tahun 1963 masyarakat pendatang tersebut membuat suatu perkumpulan yang bernama PO (Persatuan Orang Bumi) , melalui wadah yang mereka bentuk masyarakat berharap akan adanya suatu pemerintahan di daerah yang mereka tempati. Setelah di survey di kaji oleh Pemerintah maka pemerintah merubah status masyarakat tersebut menjadai perkampungan Bandar Agung yang disahkan oleh Camat Labuhan Maringgai dan pada tanggal 26 Mei 1964 statusnya di rubah menjadi Susukan Bandar Agung. Karena adanya kemajuan dan perkembangan penduduk yang sangat pesat maka melalui Bupati Kepala Daerah Tingkat II Lampung Tengah merubah statusnya menjadi Desa Definitif menjadi Desa Bandar Agung melalui SK No. : 121/V/C/HK/1969 tanggal 03 Maret 1969.

       Sejak desa Bandar Agung menjadi Desa Definitif kemajuan pembangunan dan perkembangan penduduk sangat padat, sehingga desa Bandar Agung menjadi desa Binaan oleh Camat Labuhan Maringgai pada Tahun 1964 – 1974, tujuannya adalah agar pembuatan badan jalan dan pemukiman tertata sejak dini, sehingga pada tahun 1973 desa Bandar Agung mendapat penghargaan dari Pemerintah sebagai Desa Swakarya. Perhatian Pemerintah terus berlanjut hingga pada tahun 1984 Desa Bandar Agung mendapatkan hak yaitu dengan terbitnya sertifikat melalui program Prona sebanyak 1.625 Sertifikat.

       Dengan adanya Otonomi daerah Kabupaten Lampung Timur maka Desa Bandar Agung masuk ke wilayah Kecamatan Bandar Sribhawono sesuai Perda Nomor 01 Tahun 2001. Sejak tanggal 31 Mei 2001 Desa Bandar Agung menjadi wilayah Kecamatan Bandar Sribhawono hingga saat ini. Dari hasil pembangunan yang dicapai dan manfaat pembangunan yang dirasakan oleh masyarakat hasil tersebut dapat dilihat dari hasil yang dicapai oleh Desa Bandar Agung dengan menjadi Juara I Lomba Desa Tingkat Desa dan mewakili kecamatan Bandar Sribhawono untuk mengikuti lomba tingkat Kabupaten Tahun 2005.

 


BANDAR AGUNG